SIM Prototype
Bagaimana
anda sebagai seorang manager menindak SDM anda jika ada kesalahan major (fatal)
yang berasal dari kesalahan staff anda ? dan apa yang akan anda lakukan ?
1. Ask
The Reason
Yang pertama yang akan saya lakukan
adalah menanyakan alasanya , kenapa itu terjadi ? dan membicarakannya secara
khusus dengan karyawan tersebut dengan tidak menyalahkan secara langsung bahwa
kesalahan tersebut adalah kesalahannya . Setelah itu menampung semua alasan dan
semua jawabannya. Meskipun begitu sebagai seorang manager saya tidak akan 100% percaya terhadap alasan dan jawaban yang
di lontarkan karyawan tersebut.
2. Melakukan
Penyelidikan
Meskipun ini terkesan buang-buang waktu , tapi ini sangat perlu
dilakukan karena bisa saja kesalahan itu timbul karena sistem atau bebagai hal
yang mungkin saja terjadi di dalam kantor. Apalagi kalau yang melakukan
kesalahan tersebut adalah karyawan yang memang di kenal rajin atau mempunyai
prilaku yang positif , akan sangat di sayagkan jika segera PHK atau di berhentikan
begitu saja.
3. Bertindak
Setelah dirasa bahwa memang itu
adalah akar dari kesalahan fatal tersebut , selanjutnya bertindak , ada berbagai
macam alternatif, yaitu :\
Pembinaan Khusus
Jika
kesalahan murni karena keteledoran.
Pembinaan khusus ini dilakukan dengan tahapan :
1. Bicarakan secara terus terang kesalahannya dan akibat yang ditimbulkan akibat kesalahan tersebut kepadanya termasuk kerugian finansial yang menjadi tanggungan perusahaan. Lakukan tahapan ini secara tertutup/terbatas hanya dengan orang yang dianggap berkompeten untuk terlibat.
2. Beri waktu untuk cuti/tidak bekerja untuk sementara dengan alasan kedua belah pihak (karyawan dan perusahaan) memiliki waktu untuk berpikir. Hal ini sangat penting untuk menanamkan rasa TRAUMATIK dalam hati karyawan dan bagi perusahaan sendiri untuk mendiskusikan kebijakan yang paling tepat.
Pembinaan khusus ini dilakukan dengan tahapan :
1. Bicarakan secara terus terang kesalahannya dan akibat yang ditimbulkan akibat kesalahan tersebut kepadanya termasuk kerugian finansial yang menjadi tanggungan perusahaan. Lakukan tahapan ini secara tertutup/terbatas hanya dengan orang yang dianggap berkompeten untuk terlibat.
2. Beri waktu untuk cuti/tidak bekerja untuk sementara dengan alasan kedua belah pihak (karyawan dan perusahaan) memiliki waktu untuk berpikir. Hal ini sangat penting untuk menanamkan rasa TRAUMATIK dalam hati karyawan dan bagi perusahaan sendiri untuk mendiskusikan kebijakan yang paling tepat.
3. Setelah waktu "Evaluasi diri" maka pilihan yang dapat diambil adalah:
A. Tempatkan di divisi yang berbeda dari yang sebelumnya namun dinilai karyawan masih memiliki kompetensinya.
B. Berikan tanggung jawab yang berdasarkan target pencapaian, misalnya Sales & Marketing, pre opening project, business development, dll
4. Beri semangat dan penghargaan untuk setiap achievement.
Tahapan ini dapat lebih dikembangkan dan dianalisa hasilnya secara berkala sampai terlihat kontribusi yang konsisten dari karyawan tersebut.
PHK dengan tidak hormat
Jika memang dikarenakan kesengajaan atau maksud jahat karyawan terhadap siapapun/apapun!
Jika memang dikarenakan kesengajaan atau maksud jahat karyawan terhadap siapapun/apapun!